Soal Menyoal Gunting di Meja Makan dan Dapur Orang Korea, Kok Lebih Sering Dipakai daripada Pisau?

Gunting ialah barang setiap hari yang jelas sebagian besar orang punyai. Walau gunting itu barang wajar yang diketemukan di tiap rumah, tetapi kamu kemungkinan kaget begitu biasanya barang ini dipakai di dapur dan meja makan beberapa orang Korea. Berlainan dengan banyak orang yang memandang gunting sebagai alat catat atau bahasa Inggrisnya stationery, gunting malah lebih dipandang seperti peralatan utama di dapur dan meja makan di Korea Selatan.

Buat yang menyukai menonton sinetron atau film Korea, kemungkinan telah akrab dengan episode bermacam makanan yang dipotong dengan gunting. Dimulai dari daging BBQ, mi dingin, seafood seperti kepiting, sama telur dadar, semua seringkali digunting dibanding dipotong menggunakan pisau. Walau ide gunting dapur ada juga pada tempat lain, nampaknya tidak ada yang menggunakan gunting di dapur atau meja makan sekerap beberapa orang Korea. Kok dapat demikian ya? Baca dech cerita menarik di baliknya~

Ada gunting tajam di atas meja makan, sering jadi dikatakan sebagai salah satu perihal mengejutkan untuk orang asing yang bertandang ke Korea Selatan. Dikutip dari situs Korea Times, rutinitas itu nampaknya berawal dari restaurant-restoran mi dingin yang selalu sediakan gunting agar konsumen setia dapat menggunting sendiri mi mereka. Naeng-myon atau mi dingin ciri khas Korea ini dikenali mempunyai mi yang panjang dan teksturnya benar-benar kenyal.

Kecuali mi dingin, gunting rupanya pas untuk makanan yang lain umumnya dihidangkan di restaurant mi dingin yakni daging BBQ. Dengan ide BBQ di setiap meja, gunting jelas akan lebih ringkas dipakai oleh konsumen setia dibanding pisau. Dengan demikian, servis akan bisa lebih cepat.

Kepraktisan jadi factor besar yang mendasari reputasi gunting di restaurant Korea Selatan. Dibanding pisau yang susah dipakai tanpa talenan, gunting lebih gampang dipakai. Pada proses mengolah di dapur juga, gunting dipandang lebih ringkas. Misalnya saat mengolah kimchi jjigae, beberapa orang Korea. Alangsung masukkan potongan utuh kimchi sawi dan baru dipotong kecil-kecil dengan gunting saat dihidangkan. Akhirnya, proses mengolah dan penyuguhan makanan dapat bisa lebih cepat.

Jumlahnya banchan atau side dish mungkin saja punya pengaruh. Kehadiran alat potong untuk bermacam jenis kimchi atau banchan lain jadi penting. Kembali lagi, bila dibanding dengan pisau yang. Aperlu alas, gunting jelas akan lebih ringkas dan kemungkinan lebih tidak beresiko di meja makan.