4 Tahap Vaksinasi Covid-19 Menurut Penjelasan Menteri Kesehatan Budi Gunadi. Yuk, Simak

Tahun 2021 tiba bersamaan dengan berita baik berkenaan vaksin Covid-19 untuk warga Indonesia. Sampai artikel ini dicatat, pemerintahan lewat Kementerian Kesehatan sudah menyepakati akan memakai tujuh tipe vaksin. Yang terkini ditambah ialah vaksin bikinan Amerika, Novavax Inc.

Dikatakan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menteri kesehatan/12758/2020, enam tipe vaksin yang lain yang akan dipakai ialah produksi PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer Inc and BioNTech, dan Sinovac. Nah, berita baik disepakatinya pemakaian tujuh vaksin Covid-19 oleh Pemerintahan Indonesia ini membuat warga menanyakan. Bagaimana step pemberian vaksinnya kelak? Merilis Kompas, Menteri Kesehatan (Menteri kesehatan) Budi Gunadi menerangkan 4 stepnya. Yok, baca.

Menteri kesehatan Budi menjelaskan penyuntikan vaksin Covid-19 ke warga akan dilaksanakan secara setahap, dan diprediksikan usai dalam 15 bulan. Nah, untuk step pertama yang akan berjalan per Januari 2021, dia menerangkan vaksinasi akan dilaksanakan ke tenaga medis di semua Indonesia.

Dalam jumlah 1,3 juta tenaga medis yang ada 34 propinsi Indonesia, Menteri kesehatan ngomong vaksinasi step pertama ini akan selesai dalam kurun waktu 1-3 bulan. Dia memperjelas vaksinasi untuk tenaga medis ini akan dilaksanakan bersamaan seperti instruksi Presiden Jokowi.

Sesudah nanti vaksinasi ke tenaga medis selesai, Menteri kesehatan menjelaskan step ke-2 akan dilaksanakan ke petugas khalayak, yang berdasar data sejumlah seputar 17,4 juta orang. Petugas khalayak ini meliputi mereka yang profesinya sebagai Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparatur hukum. Mereka yang bekerja di servis khalayak seperti pada.Alapangan terbang, dermaga, stasiun, terminal, perbankan, PLN, dan petugas yang lain tersangkut langsung memberi servis ke warga akan divaksin pada step ke-2 ini.

Warga kelompok lansia (lanjut usia) akan terima vaksin pada step ke-3 , atau sesudah vaksinasi petugas khalayak usai. Dalam data yang telah digabungka. Aoleh Kemenkes, ada seputar 21,5 juta warga lanjut usia di atas 60 tahun di Indonesia yang akan dikasih vaksin.

Walau begitu, Menteri kesehatan. ABudi menjelaskan diperlukan waktu untuk pastikan apa vaksin Covid-19 yang akan dipakai sekarang ini juga bisa. Aberlaku untuk warga lanjut usia di atas 60 tahun.