Laporan UN Women Ungkap Digitalisasi Beri Manfaat Bagi UMKM Milik Perempuan dalam Hadapi Pandemi

Tehnologi digital bukan barang baru untuk kehidupan kita. Walau begitu, baru di periode wabah Covid-19 ini lah faedah tehnologi digital betul-betul berasa. Berkatnya belajar atau kerja jarak jauh jadi kemungkinan, dan bermacam baris usaha yang terimbas tetap bertahan. Terhitung UMKM yang kita mengenal sebagai tulang punggung ekonomi bangsa.

Kasus UMKM jadi bidang paling terimbas wabah kita tentu memahami. By the way, berdasar data Kementerian Koperasi dan UKM, dari seputar 64 juta UMKM di Indonesia, nyaris setengahnya dipunyai atau diatur oleh wanita lo. Bukti ini menarik ingat wanita Indonesia punyai peran yang kompleks di cakupan lokal, tetapi di lain sisi rupanya sanggup bertahan dengan upayanya karena digitalisasi.

Nah, peranan tehnologi digital dalam menolong UMKM punya wanita berada di tengah pergolakan ekonomi ini diutarakan oleh laporan terkini UN Women yang dengan judul “Manfaatkan Digitalisasi untuk Hadapi Covid-19: Sebuah Study Kasus Mengenai Usaha Mikro dan Kecil Punya Wanita di Indonesia”. Ingin tahu seperti apakah laporannya? Yok, baca!

Laporan hasil ide Women Count dari UN Women yang disokong oleh United Nations (UN) Covid-19 Response and Recovery Multi-Partner Kepercayaan Fund ini menyorot bagaimana imbas wabah pada pebisnis wanita dan UMKM punya wanita di Indonesia, dan bagaimana basis digital menjadi salah satu taktik bertahan yang efisien. Fokus pada UMKM bidang minuman dan makanan, penelitian dilaksanakan sejauh bulan September sampai Oktober 2020 dengan menyatukan riset big data dengan sistem tradisionil kualitatif serta kuantitatif.

UN Women Representative and Liaison to ASEAN. Jamshed Kazi menjelaskan wanita Indonesia sudah mainkan peranan penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia pemilik dan pebisnis UMKM. Karena itu, laporan ini menurut dia akan penting sebagai saran berkaitan. Slangkah memberikan dukungan dan mendayagunakan wanita secara berkepanjangan lewat pemaksimalan tehnologi.

“Wanita Indonesia mainkan peranan yang berarti dan sudah berperan pada ekonomi pemilik dan pebisnis UMKM. Laporan ini akan memberi saran penting mengenai bagaimana kita bisa memberikan dukungan dan manfaatkan kemampuan tehnologi yang mendayagunakan. Swanita secara berkepanjangan, sepanjang dan sesudah pendemi COVID-19,” kata Jamshed dalam penyeluncuran. SLaporan Manfaatkan Digitalisasi untuk Hadapi Covid-19, Jumat (11/12/2020) lewat Zoom.